Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia lingkup Kantor Gubernur Sulawesi Selatan berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulsel, Sabtu (17/8/2019). Upacara dihadiri pejabat Eselon II, III, IV dan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup kantor Gubernur Sulsel.

Andi Aslam Patonangi, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Prov Sulsel selaku Inspektur Upacara (Irup) yang membacakan sambutan seragam Gubernur Sulsel mengatakan Peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini mengangkat tema "SDM Unggul Indonesian Maju".

Tema ini terinspirasi dari pernyataan Presiden RI, Joko Widodo bahwa sumber daya manusia (sdm) merupakan prasyarat berlangsungnya suatu pemerintahan. "Sdm unggul Indonesia diharapkan semakin diperhitungkan dan mampu bersaing dengan negara-negara lain," ujarnya.

Aslam menambahkan, Indonesia harus mengejar ketinggalannya dari negara-negara lain dan harus berlari cepat. Karena itu harus dibangun kesadaran politik sebagai suatu entitas yang akan berhadapan dengan tantangan dan persaingan.

"Kemerdekaan ini tidak diraih dengan mudah, penuh dengan segala perjuangan. Banyak pahlawan yang gugur di medan perang, di medan perjuangan," ungkapnya.

"Oleh karena itu, sebagai generasi-generasi penerus harus melanjutkan cita-cita perjuangan seluruh pendiri negeri ini," pesannya.

"Untuk itu, mari kita kembali kepada nilai-nilai luhur kita di Sulsel yakni sipakalebbi, sipakainga, sipakapacce, sipakatau yang dilandasi dengan moral, agama dan Etika yang sangat menghargai keragaman dan perbedaan," imbuh Aslam.

Dengan semangat proklamasi kemerdekaan saatnya sekarang kita tunjukkan semua potensi yang kita miliki yang ada di Sulsel dengan baik. Sistem pembangunan yang bersifat konsumtif kita jadikan produktif.

Di moment kemerdekaan, Pemerintah Sulsel selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

"Mari kita berkolaborasi memberikan pelayanan terbaik untuk rakyat, hadirkan fasilitas-fasilitas umum yang baik untuk kesejahteraan yang menjanjikan," pungkasnya.

Sabtu, 17 Agustus 2019 (Er)