Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. H. M. Nurdin Abdullah mengukuhkan 73 peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) yang telah dilakukan seleksi dengan ketat dari 24 kabupaten se-Sulsel, di Baruga Karaeng Pattingalloang Rujmah Jabatan Gubernur Sulsel, Jumat (16/8/2019).

Gubernur Sulsel terlebih dahulu menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Sulsel mengucapkan selamat kepada 73 peserta Paskibraka yang terdiri 37 orang putra dan 36 orang putri yang baru saja dikukuhkan. 

"Menjadi peserta Paskibraka merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena bisa mewakili putra-putri di seluruh daerah yang ada di Sulsel untuk mengemban tugas yang penting dan bersejarah,"kata Nurdin Abdullah.

"Saya harap anak-anakku sekalian dapat melaksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa kehormatan, kebangsaan, dan syukur atas Tuhan Yang Maha Esa," kata Nurdin Abdullah.

Dengan penuh rasa bangga, Nurdin Abdullah menyampaikan kepada seluruh undangan yang hadir, terutama kepada para tua Paskibraka tahun 2019. 

"Didepan bapak ibu berdiri dengan gagah para pemuda-pemudi terbaik, yang dipilih melalui seleksi ketat 24 kabupaten kota, sebagai pelanjut perjuangan pahlawan yang rela berkorban untuk negara, dan bangsa yang mempunyai akhlak terpuji," ungkapnya.

Lanjut Nurdin, menjadi peserta Paskibraka merupakan tugas dan kebanggaan tiap insan pemuda yang dipilih. Peserta Paskibraka merupakan mereka yang telah dilatih dan dibina sehingga dapat mengibarkan bendera merah putih. 

"Tidak kalah penting dari mengibarkan bendera adalah tumbuhnya rasa nasionalisme, jiwa ksatria dan penanaman Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,"imbuhnya.

"Saya berharap kalian dapat mempersembahkan hasil yang gemilang, kalian akan menjadi sejarah bangsa," ujarnya.

Menurut Gubernur Nurdin Abdullah tugas peserta Paskibraka akan berdampak luas bagi masyarakat, selama-lamanya akan membentuk karakter serta cita-cita sebagai putra-putri terbaik Sulsel. 

"Ditangan kalian bendera merah putih akan dikibarkan, Indonesia Raya dikumandangkan, itulah harkat dan martabat bangsa," kata Nurdin. 

Pada kesempatan ini juga, Nurdin Abdullah berharap kepada seluruh peserta Paskibraka tahun 2019 fokus dalam menjalankan tugas mulia esok hari. 

"Mintalah restu pada orang tua anak-anakku sekalian, tunjukkan baktimu kepada mereka yang selalu mendoakan kalian selama ini," tandasnya.

Jumat, 16 Agustus 2019 (Srf/Na)