Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH  menyerahkan sejumlah penghargaan bidang lingkungan hidup nasional kepada Pemerintah Kabupaten/Kota, BUMN, perusahaan Swasta, Sekolah, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel.

"Penghargaan ini adalah imbas dari suatu proses, ini harga diri dan gengsi dan ada nilai yang tidak bisa dihitung oleh materi," kata Syahrul dalam sambutannya usai menyerahkan penghargaan tersebut, di Baruga Sangiaseri Makassar, Senin (18 Januari 2016).

Dalam kesempatan tersebut, gubernur menyerahkan Anugerah Adipura kepada enam Kabupaten/Kota yaitu Kota Makassar, Kota Pare-Pare, Kota Palopo, Kota Turikale Kabupaten Maros, Kota Watansoppeng Kabupaten Soppeng, Kota Enrekang Kabupaten Enrekang, dan Kota Bulukumba Kabupaten Bulukumba.

Sementara Kota Patallassang Kabupaten Takalar, Kota Bontosunggu Kabupaten Jeneponto, dan Kota Sinjai Kabupaten Sinjai meraih sertifikat Adipura.

Gubernur juga menyerahkan Penghargaan Adiwiyata Nasional kepada 20 sekolah. Selain itu, Penghargaan Proper Hijau juga diserahkan kepada Pertamina, dan Proper Biru kepada 29 perusahaan BUMN dan swasta. 

Selain itu, dua kampung di Kabupaten Wajo memperoleh Trophy Kampung Iklim, dan enam SKPD meraih penghargaan Kantor Ramah Lingkungan.

Keberhasilan berbagai pihak dalam meraih penghargaan ini, menurut gubernur, semakin memperjelas bahwa pembangunan di Sulsel berkat kerja keras semua pihak.

"Sulsel telah menunjukkan keunggulan di semua bidang secara nasional," katanya.

Senin, 18 Januari 2016 (Srf/Hr)