Gubernur Sulawesi Selatan,  Nurdin Abdullah menekankan ke tujuh pejabat sementara (Pjs) Bupati yang dilantik untuk mengawal pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, berjalan baik dan lancar serta tetap mengsialisasikan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Hal ini disampaikan Gubernur Sulsel saat mengukuhkan tujuh Pjs ditujuh daerah yang melaksanakan pilkada serentak yaitu, Kabupaten Gowa, Selayar, Luwu Timur, Luwu Utara, Soppeng, Tana Toraja serta Toraja Utara, di Rujab Gubernur,  Jl Sungai Tangka Sabtu (26/09/2020).

Nurdin Abdullah mengatakan beberapa tugas penting harus menjadi perhatian Pjs, termasuk terus melakukan langkah dalam menekan penyebaran covid-19.

"Tugas utama Pjs memang sangat berat, apalagi dimasa pandemi covid-19, diantaranya  betul-betul pelaksanaan pilkada ini dikawal dengan baik dengan protokol kesehatan secara ketat sehingga tidak terjadi penambahan kasus covid, yang kedua akan menetapkan APBD oleh karena itu kita sudah pesankan kepada seluruh bupati sebelum cuti agar dirampungkan penyusunan RAPBD nya agar pejabat sementara tidak mengotak-atik APBD itu," ucapnya. 

Ia menyebutkan seluruh Pjs harus segera melakukan konsolidasi dengan unsur forkopimda daerah, tokoh masyarakat adat,  KPU, Panwas serta unsur terkait lainnyan untuk menyamakan langkah.

"Mereka harus bergerak cepat melakukan konsolidasi dengan semua pihak terkait untuk menyamakan langkah, untuk bersama-sama mengawal dan mengsukseskan pesta demokrasi ini agar berjalan baik dan lancar sesuai aturan," sebutnya. 

Mantan Bupati Bantaeng ini menambahkan agar netralitas ASN tetap terjaga. 

"Netralitaa ASN sudah menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan," pungkasnya. 

Diketahui Pengisian 7 Pjs Bupati sesuai dengan Surat Keputusan dari Mentri Dalam Negeri (Mendagri), untuk mengisi dan memimpin pemerintahan selama bupati pertahanan cuti dalam pilkada. 

Adapun  7 Pjs Itu adalah :

1. Asisten 1 Bidang Pemerintahan Andi Aslam Patonangi sebagai Pjs Bupati Gowa
2. Kepala Kesbangpol  sulsel Asryadi Sulaiman sebagai Pjs Bupati Selayar
3. Kepala DPMPTSP Jayadi Nas sebagai Pjs Bupati Luwu Timur
4. Staf Ahli Gubernur Iqbal Suaeb sebagai Pjs Bupati Luwu Utara 
5.Kepala Biro Umum Idham Kadir sebagai Pjs Bupati Soppeng
6. Kepala BPSDM Sulsel  Asri Sahrun Said sebagai Pjs Bupati Tana Toraja
7. Kadiskominfo  Amson Padolo Sebagai Pjs Bupati Totaja Utara.

Sabtu, 26 September 2020 (Diskominfo)