Pemerintah Provinsi Sulsel akan rehabilitasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Palopo tahun 2020. Gubernur Sulsel, Prof. H. M. Nurdin Abdullah menjelaskan, rencana pembangunan kembali TPI di Pantai Ringgit Palopo itu dalam kunjungan kerja, Selasa (10/9).

Pada kesempatan itu Prof Nurdin Abdullah didampingi Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi dan Walikota Palopo H Judas Amir. Menurut Prof Nurdin, kondisi TPI Palopo yang sekarang sudah tidak layak lagi.

"Ini tidak layak lagi Pak Wali. TPI kita bangun yang sehat. Harus banyak kran air dan tempat pembuangan," jelas Prof. Nurdin usai meninjau langsung TPI Kota Palopo. 

Gubernur Sulsel akan membangun TPI yang representatif yang dilengkapi semua fasilitas di TPI. "TPI itu tempat pelelangan. Tempat penjualan partai. Lantainya harus sehat," kata mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Sementara Walikota Palopo, Judas Amir mengaku, TPI sebagian area di Pantai Ringgit itu lebih rendah dari permukaan laut. Olehnya itu pasang surut air pasti mempengaruhi penghasilan para nelayan. 

Judas juga langsung berbincang dengan nelayan dan penjual ikan di TPI Kota Palopo. "Kalau pasang naik air laut," kata salah satu penjual ikan di TPI, saat berbincang dengan orang nomor satu di Palopo. 

Judas menjelaskan, TPI di Pantai Ringgit Palopo saat ini sudah diserahkan ke Pemerintah Provinsi Sulsel. "Ini asetnya Pemprov Gub (Gubernur). Kami sudah serahkan semua dokumennya," ungkap politisi Nasdem itu.

Selasa, 10 September 2019 (Srf/Na)