Gubernur Provinsi Sulsel, Nurdin Abdullah menerima Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Miyakawa Katsutoshi di rumah jabatannya Selasa, 29 September 2020. 

Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Miyakawa Katsutoshi, mengatakan lomba esai akan dilaksanakan dalam rangka memperingati hubungan diplomatik Jepang - Indonesia yang ke-60. 

"Lomba esai persahabatan Jepang - Indonesia yang sudah mulai sejak tahun 2018 lalu dalam rangka memperingati hubungan diplomatik Jepang - Indonesia yang ke-60.Akan kembali dilaksanakan untuk ketiga kalinya,"ungkapnya. 

Ia menjelaskan lomba esai ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda setempat untuk memikirkan masa depan hubungan Jepang - Indonesia.

"Kami ingin memberikan kesempatan kepada generasi muda setempat untuk memikirkan masa depan hubungan Jepang - Indonesia sekaligus meningkatkan minat terhadap Jepang,"jelasnya. 

Miyakawa Katsutoshi juga mengaku tema lomba esai ini, yakni prediksi tentang perkembangan Indonesia dan eksistensinya di dunia internasional, serta hubungan Jepang 10 tahun kemudian.

"Esai ditulis dalam bahasa Indonesia agar siswa dari sekolah yang tidak mempelajari bahasa Jepang pun bisa turut berpartisipasi dan meningkatkan minatnya terhadap jepang," pungkasnya. 

Ia menambahkan penerimaan naskah akan dimulai pada tanggal 1 November  sampai tanggal 31 Desember 2020 dan masa penjurian Januari 2021.

"Penerimaan naskah pada 1 November - 31 Desember 2020, masa penjurian Januari 2021, pengumuman penyerahan hadiah Februari - Maret 2021. Sedangkan, target peserta siswa atau siswi SMA sederajat se-Sulsel dengan jumlah SMA 581 dan SMK 431 orang,"tutupnya. 

Sementara itu Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah mengaku Lomba ini sangat bagus sehingga seluruh siswa khususnya SMA sederajat bisa ikut serta. 

"Saya meminta Kadis Pendidikan Sulsel untuk menyampaikan kepada anak-anak didik, khususnya SMA dan SMK se-Sulsel untuk ikut serta dalam perlombaan tersebut. Bahkan kita kasi hadiah bisa motor, sepeda atau laptop,nanti diatur saja,"ucapnya. 

Ia menyebutkan sangat mensupport generasi muda Sulsel untuk mengikuti lomba esai persahabatan Indonesia-Jepang untuk melatih diri menulis. 

"Saya sangat mensupport generasi muda Sulsel khususnya siswa SMA dan SMK untuk mengikuti lomba esai persahabatan Indonesia-Jepang. Lomba,Karena ini sangat bagus untuk berlatih diri menulis esai,"pungkasnya. 

Diketahui untuk informasi lebih lanjut mengenai lomba tersebut bisa langsung ke kantor  Konsuler Jepang di Makassar Gedung Wisma Kalla Lt. 7, Jl. Dr. Sam Ratulangi No. 8-10 Makassar 90125, di jam kerja atau bisa kirim melalui email cjm_essaycontest@sb.mofa.go.jp.

Selasa, 29 September 2020 (Diskominfo)