• Disupport Bantuan Keuangan Pemprov, Pemkab Pinrang Rintis Jalan di Letta - Kariango

Pinrang, sulselprov.go.id – Pemerintah Kabupaten Pinrang telah mulai menangani ruas jalan dan jembatan pada ruas Letta – Kariango. 

Penanganan jalan dan jembatan ini, merupakan bagian dari bantuan keuangan Pemprov Sulsel Tahun anggaran 2023 senilai Rp 22,6 Miliar.

Hadirnya penanganan jalan dan jembatan ini sebagai prioritas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Apalagi sempat terjadi kejadian ibu hamil yang meninggal dunia di jalan karena akses jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

“Jika masih ingat Ibu Hamil Meninggal ditandu 7km karena akses tidak dilalui roda empat, Alhamdulillah kini progres pembangunan jalan ruas Letta Kariango dan 6 Unit Jembatan di Kecamatan Lembang sedang dikerjakan melalui Bantuan Keuangan Pemprov Sulsel,” ungkap Gubernur Andi Sudirman, Selasa (30/5/2023). 

Orang nomor satu di Sulsel ini pun mengapresiasi Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid beserta jajarannya yang sigap dalam melaksanakan pekerjaan ini.

“Mohon doa dan dukungan masyarakat agar dapat dilancarkan. Aamiin,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kabupaten Pinrang, Awaluddin Maramat menyampaikan, bahwa kontrak berjalan lebih dari 1 bulan. “Saat ini progress pekerjaan sekitar 20%,” sebutnya.

Lokasi pengerjaannya pun, kata dia, jauh dari perkotaan. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Kota untuk sampai ke lokasi. Wilayahnya pun diarea pegunungan.

“Ada 6 unit jembatan yang akan dibangun, dan 4,2 km yang akan dirintis serta 1,2 km yang akan dilakukan peningkatan jalan dalam bentuk perkerasan beton,” jelasnya.

Adapun target pengerjaan ini, lanjutnya, maka nantinya kendaraan roda 4 bisa mengakses ke Desa Kariango.

“Wilayahnya diarea pegunungan. Sebelum dikerja, Cuma bisa dilalui kendaraan roda dua. Mudah-mudahan dengan selesainya kegiatn ini, maka akses ke Desa Kariango bisa diakses dengan kendaraan roda empat,” pungkasnya. (*)