website resmi pemerintah provinsi sulawesi selatan http://sulselprov.go.id

KemenLHK Bentuk Sejumlah UPT Baru di Sulsel

  • 3844 pengunjung
  • 2255 hits
  • 13 Jan 2016
KemenLHK Bentuk Sejumlah UPT Baru di Sulsel

Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) RI, Ilyas Asaad mengatakan pihak kementerian membentuk sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) baru di Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Karena adanya restrukturisasi di kantor kami di Jakarta, sehingga ada fungsi-fungsi yang digeser, makanya nanti, di Sulsel akan ada UPT-UPT baru," terang Ilyas Asaad usai menemui Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo terkait penambahan UPT baru ini, di Makassar, Selasa (12/1/16)

Salah satu UPT yang akan dibentuk  adalah UPT untuk penegakan hukum lingkungan. "Upaya penegakan dan pengawasan hukum lingkungan akan ditangani langsung oleh UPT ini, tentu saja bersama-sama dengan penegak hukum lain, seperti teman-teman provinsi, dan aparat penegak hukum lainnnya," jelasnya.

UPT lain yang akan dibentuk adalah UPT Perubahan Iklim, yang khusus menangani masalah perubahan iklim. "Di dalamnya akan menangani upaya terkait adaptasi dan mitigasi dampak perubahan lingkungan," ujarnya.

Selain itu, di dalam UPT Perubahan Iklim ini, akan secara khusus menangani masalah kebakaran hutan.

"Sekarang juga sudah ada bagian yang menangani masalah kebakaran hutan, tetapi nanti fungsinya akan kita angkat sehingga UPT tersebut secara khusus menangani masalah kebakaran hutan," tuturnya.

Terakhir akan dibentuk UPT Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan. Pemerintahan saat ini, lanjut Ilyas, telah mengalokasikan sekitar 12,7 juta hektar hutan untuk kepentingan masyarakat.

"Ini yang perlu diatur bagaimana pelaksanaannya di Sulsel," imbuhnya.

Dalam restrukturisasi ini, fungsi yang ada dikelompokkan kembali dan melihat kembali penekanan-penekanan yang perlu dilakukan di Sulsel.

"Penegakan hukum lingkungan, perubahan iklim, perhutanan sosial dan kemitraan lingkungan, ini pekerjaan penting kita di Sulsel," tutupnya.

Rabu, 13 Januari 2016 (Srf/Na)

 

Terkait

    • 2572 pengunjung
    • 1841 hits
    • 22 01 2016

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan akan berupaya mendorong percepatan akses keuangan di daerah. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat rapat bersama OJK pada 15 Januari lalu. Selengkapnya.

    • 2132 pengunjung
    • 1034 hits
    • 18 01 2016

    Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH  mengatakan, masyarakat, Pemerintah Daerah, dan TNI AD sebelumnya telah bekerja sama dalam meningkatkan produksi beras. Hal tersebut membuat perekonomian Sulsel tidak ikut turun saat kondisi perekonomian Indonesia sedang mengalami penurunan.

    Selengkapnya.

    • 1947 pengunjung
    • 1470 hits
    • 18 01 2016

    Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH  menyerahkan sejumlah penghargaan bidang lingkungan hidup nasional kepada Pemerintah Kabupaten/Kota, BUMN, perusahaan Swasta, Sekolah, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel.

    Selengkapnya.

menu lainnya