Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Lies F Nurdin, hadir membuka bakti sosial operasi celah bibir dan langit-langit, di RSUD Salewangang Maros, Kamis, 16 Januari 2020.

Bakti sosial yang digelar untuk memperingati HUT Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) ke-70 Cabang Maros, yang merupakan bagian dari upaya prevalensi menekan angka stunting dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Operasi celah bibir dan langit-langit dilaksanakan kepada 12 pasien yang dimulai dari bayi berusia 8 bulan hingga remaja berusia 16 tahun.

Operasi dilaksanakan oleh empat dokter gigi dan empat dokter anestesi, yang berasal dari tim dokter RS Salewangang dan Yayasan Celebes Cleft Centre Makassar.

Lies F Nurdin mengaku mengapresiasi kegiatan yang tujuannya ikut membantu menekan angka stunting di Sulsel ini.

"PKK Provinsi bekerjasama dengan seluruh PKK kabupaten/kota, PDGI Unhas dan PDGI secara keseluruhan melaksanakan operasi celah bibir. Di Maros ada 12 anak yang alhamdulillah menjalani operasi secara gratis," jelas Lies.

Ia menuturkan, kondisi mulut yang tidak sehat berpengaruh pada asupan gizi yang wajib diterima di usia pertumbuhan anak, guna menghindari tumbuh stunting.

"Stunting juga dipengaruhi oleh kondisi mulut yang tidak normal, proses pemberian ASI berkurang, makannya juga kurang, jadi semakin dini operasi dilakukan, semakin baik," terangnya.

Dalam kesempatan ini, Lies menyebutkan, berkat kerjasama antara Pemprov Sulsel, TP PKK Provinsi Sulsel, TP PKK seluruh kabupaten kota dan seluruh komponen terkait, angka stunting di Sulsel berhasil turun sebanyak 5,1 persen. Penurunan ini meningkatkan posisi Sulsel yang sebelumnya berada di peringkat 4 tingkat stunting tertinggi secara nasional ke peringkat 11.

Kegiatan bakti sosial operasi celah bibir akan diadakan di 24 Kabupaten Kota di Sulsel. Sebelumnya, kegiatan ini telah dilaksanakan di Kabupaten Bone, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Maros. 

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua TP PKK Kabupaten Maros, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, Direktur RSUD Salewangang Maros, serta pengurus dan anggota TP PKK Maros.

Kamis, 1 Januari 2020 (Srf/Na)