Plt Gubernur Sulsel ,Andi Sudirman Sulaiman berencana membangun jalan khusus tambang di sepanjang hilir aliran Sungai Jeneberang Kabupaten Gowa. Nantinya jalan tersebut akan dilewati truk pengangkut galian tersebut.

"Iya kita mau buatkan akses di bawah, jadi kalau ada aksesnya di bawah itu kan bagus, tidak perlu lagi naik ke atas" kata Andi Sudirman Sulaiman usai peninjauan lapangan jalanan Tambang Bili-bili, Selasa (18/05).

Sudirman menjelaskan pembangunan jalan khusus untuk truk pengangkut galian tersebut akan memisahkan antara jalan angkutan tambang dan jalan umum yang dilintasi masyarakat ataupun wisatawan untuk sampai di daerah wisata Malino.

Khusus untuk kendaraan truk pengangkut galian akan melewati jalur yang akan disiapkan nantinya. sementara untuk pengunjung daerah wisata Malino tetap pada jalan poros Malino seperti biasanya. 

"Kita mau rapikan itu, kita mau ada jalan tambang khusus ada jalan wisata, kadang kadang kan pergi ke malino kan di belakangnya truk truk kan, jadi kita mau buatkan akses di bawah supaya enak jalan nya, dan terlihat lebih rapi,"jelasnya

Sudirman menjelaskan, saat ini ia akan melakukan kajian bersama dinas yang terkait serta pihak Balai untuk perencanaan pembangunan jalan tersebut. 

"Ini masih di kaji dulu, kaji kelayakannya, kemudian kita berbicara anggaran, baru kita lihat berapa lama kita kerjakan terus kita eksekusi. Pelan-pelan ini bertahap, kita masih meninjau dulu," paparnya

Sudirman berharap pembangunan ini dapat terealisasi sesegera mungkin agar akses jalan menuju tempat wisata di malino dapat tertata rapi.

"Harapannya kedepan ketika akses, kalau truk itu kan beresiko apa lagi truk yang besar, kalau sudah di pisah enak," harapnya.

Selasa, 18 Mei 2021 (Diskominfo)