Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyampaiakan rasa bangganya menjadi bagian dari keluarga Ikatan Keluarga Alumni Teknik (IKATEK) Unhas, pada Dies Natalis Teknik Unhas ke-59, Sabtu (14/9/2019).

"Saya sangat bangga menjadi bagian dari Fakultas Teknik Unhas. Teknik Unhas memiliki alumni yang kuat dan hebat. Sehingga perlu diberikan kesempatan dan kepercayaan,” tutur Andi Sudirman di Fakultas Teknik Unhas, Bontomarannu, Gowa.

Wagub menyampaikan, kontribusi Dosen Teknik Unhas maupun Dosen Unhas bisa dilihat dalam proses pembangunan Sulsel.

"Civitas Akademik Fakultas Teknik Unhas telah banyak membantu Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Banyak karya hasil sinergitas antar Pemprov dan Fakultas Teknik Unhas, baik dari Pemprov maupun sebaliknya," terangnya. 

Dalam kesempatan ini, Wagub Andi Sudirman juga melontarkan pujian bagi Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas, St. Aisjah Farhum, atas program menyiapkan Sulsel menjadi lumbung daging nasional serta dan merancang Rumah Potong Hewan yang higenis, berstandar, dan memiliki sertifikasi yang jelas. 

"Industri rumah tangga turunan dari Rumah Potong Hewan sudah familiar dengan masyarakat. Walaupun kecil, tapi sudah kait mengait, bahkan masyarakat di sekitar RPH sangat mendukung untuk perluasan wilayah RPH, dengan pertimbangan jika di lingkungan baru, mereka perlu beradaptasi lagi. Sehingga, lokasi RPH saat ini sangat strategis untuk pengembangan wilayah," ujarnya. 

Andi Sudirman juga menyampaikan harapan ke depan agar seluruh elemen Fakultas Teknik Unhas dapat terus bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten Gowa dan Pemerintah Provinsi Sulsel.

“Membangun sinergitas antar Pemerintah Kabupaten Gowa, Fakultas Teknik Unhas, dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, sehingga akan melahirkan kekuatan,” ujar Alumni Teknik Mesin Unhas ini.

Sementara, Dekan Fakultas Teknik Unhas, Arsyad Taha, menyampaikan Teknik Unhas saat ini  masuk sebagai salah satu fakultas di Unhas yang memperoleh Akreditasi Internasional.

"Kita sudah mencapai akreditasi dari masing masing strata, suatu kegembiraan dapat memperoleh akreditasi Internasional, dan akan menyusul terus. Dibidang prasarana kampus, FT menerima banyak bantuan, salah satunya adalah bantuan Pemprov Sulsel untuk pembangunan jalan lingkar, tahun ini akan selesai," terang Arsyad.

Arsyad melanjutkan, Fakultas Teknik Unhas juga terus berinovasi dan bahu membahu bersama Pemerintah untuk membangun Sulsel yang lebih baik.

Sabtu, 14 Septrmber 2019 (Srf/Na)