Kepala Biro Kesejahteraan, H. Suherman mewakili Penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono membuka Pameran Islamic Tourism Expo 2018, di Hotel Clarion Makassar, Kamis (5/7/2018).

Dalam kesempatan itu, Suherman menyampaikan apresiasi dan dukungan Pemerintah Provinsi Sulsel atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Ia menegaskan, kegiatan Pameran Islamic Tourism Expo ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai wadah meningkatkan pemahaman semua pihak terhadap berbagai aspek pengelolaan urusan haji dan umrah.

Selain itu, penyempurnaan sistem pengelolaan dan pelayanan harus terus dilakukan, mengingat jumlah calon jamaah haji setiap tahunnya terus meningkat. Sehingga kedepan ada kesatuan gerak dan cara pandang yang sama dari seluruh unsur terkait dalam menerapkan berbagai kebijakan yang telah disepakati bersama.

Ia juga menegaskan, pelaksanaan pameran tersebut memiliki agenda dan tujuan dalam rangka memajukan dan memaksimalkan peran serta semua pihak, terutama dalam membangun sinergitas antara pihak-pihak yang terkait dengan para pelaku penyelenggaraan ibadah haji, umrah dan moslem tour.

Menurutnya, kegiatan seperti ini juga akan menjadi momentum dalam upaya menjaga pertumbuhan ekonomi daerah, sehingga bisa berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional yang lebih kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

"Posisi Sulsel dari segi geografis terletak ditengah-tengah Indonesia (The Center Point of Indonesia), sehingga mudah diakses dari Timur ke Barat, dan dari utara ke selatan Indonesia. Karena itu, kegiatan ini hendaknya kita tempatkan sebagai sarana membangun dan memantapkan manajemen penyelenggaraan urusan haji dan umrah kedepan," jelasnya.

Ia juga berharap agar seluruh pihak yang terlibat perlu melakukan upaya bersama-sama dalam mengevaluasi dan mengidentifikasi persoalan yang biasa menjadi faktor penghambat.

"Karena itu, saya berharap agar kegiatan ini dapat berlangsung sukses sebagaimana diagendakan sehingga tata kelola penyelenggaraan ibadah haji dan umrah, khususnya didaerah ini akan semakin optimal dan berkualitas," pungkasnya.

Kamis, 5 Juli 2018 (Ak/Er)