Pada tahun 2020 Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan nilai Reformasi Birokrasi (RB) dapat dicapai dengan nilai B gemuk yang sebelumnya di tahun 2018 hanya mendapatkan nilai C. Untuk itu diperlukan kesiapan dan kelengkapan data, khususnya untuk 10 OPD yang masuk dalam pilot projet penilaian RB.

Hal ini terungkap pada Rapat Koordinasi yang dilaksanakan Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Prov. Sulsel yang berlangsung di Ruang Rapat Asisten 3 Bidang Administrasi Kantor Gubernur Sulsel, Senin (23/9/2019).

Menurut anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan Prov. Sulsel, Prof. Dr. Sangkala, M.Si, yang hadir dalam rapat tersebut mengatakan bahwa, untuk mendapatkan nilai B gemuk bukan sesuatu yang mudah, diperlukan keseriusan OPD yang masuk dalam penilaian ini untuk melengkapi semua data dan bukti yang dibutuhkan.

Untuk itu, menurut Prof. Sangkala perlu ada kerjasama dan kolaborasi antar semua OPD agar data yang menjadi penilaian dapat terpenuhi.

Tahun 2020, penilaian RB tidak lagi berfokus kepada kelengkapan tetapi telah berorientasi kepada hasil/ output yang didapatkan dengan mengacu kepada e-kinerja.

Itulah sebabnya e-kinerja menjadi hal penting dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Dalam waktu dekat lanjut Prof, akan dilakukan survey dengan bekerjasama dengan Lembaga Perguruan Tinggi UNHAS dengan berfokus kepada 4 hal, yaitu : Integrasi Organisasi, Integrasi Jabatan, Integrasi Korupsi dan Integrasi Pelayanan Publik.

Kepala Bagian Ketatalaksanaan Biro Ortala, Andi Mirna menambahkan bahwa Rapat Koordinasi ini dilakukan dalam rangka pemenuhan dokumen/data LKE PMPRB untuk 10 OPD. Untuk itu semua Tim Pokja diharapkan segera melengkapi data-data yang dibutuhkan, baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy segera disiapkan secepatnya untuk dikirim ke MENPAN RB.

Tahun 2020 bukan hanya 10 OPD tapi semua OPD lingkup Prov. Sulsel akan menjadi penilaian RB.

Hadir dalam Rakor ini, Diskominfo-SP, Bappeda, BKD, BPSDM, BPKD, Biro Hukum, dan Penanaman Modal PTSP.

Senin, 23 September 2019 (diskominfo)