Kepala Biro Bina Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Sukarniaty Kondelele, SE., M.Si , membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Toddopuli XXVI Tahun Buku 2015. Acara berlangsung di Ruang Data Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Kamis (02 Juni 2016).

Sukarniaty Kondolele dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan RAT adalah sebagai pertanggungjawaban pengurus para anggota koperasi mengenai pelaksanaan atau pengelolaan berbagai program usaha yang telah dilakukan, evaluasi dan hambatan-hambatan penanganan permasalahan serta penyusunan masa kerja berikutnya.

“KPRI Toddopuli sangat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para anggotanya, baik dalam bentuk Sisa Hasil Usaha (SHU) dari unit usaha, maupun penyediaan fasilitas untuk mendapatkan kredit serta fasilitas lainnya,”lanjutnya.

Sukarniaty berharap, pengurus koperasi senantiasa membenahi diri dan terus melakukan perbaikan-perbaikan yang mengarah pada peningkatan pelayanan dan kesejahteraan para anggota koperasi serta mengelolahnya secara professional tanpa mengabaikan azas kekeluargaan.

Ia juga meminta bagi para anggota koperasi dapat mengembalikan kredit secara tepat waktu, baik yang  diperoleh dari kredit barang maupun pinjaman uang tunai karena hal ini merupakan kewajiban sebagai anggota koperasi untuk kelancaran usaha.

“Bagi pengurus koperasi agar melakukan evaluasi harga dan kebutuhan barang yang ditawarkan kepada anggota maupun metode-metode pemasaran barang dan jasa, sehingga bisa memberikan daya tarik yang ditawarkan dan hendaknya para anggota dapat menyesuaikan besar pinjaman dengan kemampuan pengembaliannya,”pesannya.

Sementara Kepala Bidang Kelembagaan dari Dinas Koperasi Prov Sulsel, Muhammad Batri, SE., MM, mengatakan Rapat Anggota Tahunan merupakan salah satu perangkat organisasi dalam upaya pemantapan kelembagaan koperasi yang mengagendakan pembahasan dan pertanggung jawaban, dimana KPRI Toddopuli Sulsel diarahkan bagaimana dapat berperan dengan baik dalam rangka pemberian pelayanan kepada anggota dan membawa dampak yang positif bagi pengembangan potensi anggota masyarakat disekitarnya.

Ia berharap kepada semua anggota untuk meningkatkan partisipasinya dalam pemupukan modal sendiri koperasi melalui pembayaran simpanan pokok, simpanan wajib maupun tabungan berjangka dan tabungan untuk mendukung pemberian pelayanan koperasi kepada anggota.

Kamis, 02 Juni 2016 (Ht)