Kemudahan dan kecepatan layanan saat ini sudah menjadi kebutuhan. Termasuk Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, yang kini berupaya membenahi layanan publik agar bisa lebih maksimal.

Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Prov Sulsel mendorong layanan pemerintah, termasuk kabupaten kota menerapkan sistem layanan berbasis teknologi atau e-Government.

Menurut Kepala Diskominfo-SP Sulsel, H. Andi Hasdullah,Ssosialisasi yang digelar selama dua hari ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang tata kelola e-Government. Serta pemahaman tentang perencanaan teknologi informasi, infrastruktur jaringan, serta aplikasi dalam menunjang kegiatan e-Government.

"Tentu sasaran kami akan terwujud tata kelola e-Government yang ditunjang dengan infrastruktur jaringan dan aplikasi yang memadai. Selain itu, SDM kita juga akan jauh lebih handal dan profesional dalam mengelola e-Government," kata Hasdullah.

Dalam sosialisasi ini, sebanyak 80 orang peserta dilibatkan sebagai utusan dari Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Kota se-Sulsel, serta pejabat yang menangani e-Government atau Teknologi Informasi pada OPD lingkup Provinsi Sulsel.                       

Sementara Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum Pemprov Sulsel, H Abdul Haris, dalam sambutannya mengatakan, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, harus disadari oleh pemerintah bahwa era keterbukaan sudah menjadi kebutuhan masyarakat, sehingga mereka bisa mengetahui dan mengawal kinerja pemerintah.

"Penerapan e-Government akan menjawab kebutuhan publik yang menginginkan adanya proses data yang cepat dan informasi yang tepat. E-Government diperlukan untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan," katanya.

Tujuan penerapan E-Government menurut dia, untuk menumbuhkan kepercayaan publik terhadap citra pelayanan pemerintah. 

Selain itu, pemerintah juga akan memiliki satu data tentang kemiskinan, kesehatan, pangan, perumahan dan sebagainya, sehingga dapat dibuat perencanaan yang lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan.

Kamis, 4 Mei 2017 (Ak/Na)