Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman tak bisa menahan kesedihan dan meneteskan air matanya saat sambutan sebelum Salat pelepasan jenasah Amarhum Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan AGH Sanusi Baco, di Masjid Raya Makassar. Minggu (16/5).

Dalam sambutannya Andi Sudirman Sulaiman kembali mengaku kehilangan tokoh Panutan.

"Innalillahi Wa Innailaihi Roji'un, Innalillahi Wa Innailaihi Roji'un, Innalillahi Wa Innailaihi Roji'un. kita tentu sangat kehilangan tokoh yang menjadi rujukan bagi kami di Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan," ungkapnya.

Secara pribadi, Ia juga mengingat bagaimana beliau selalu memberikan nasehat.

" Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, kami masih mengingat bagaimana beliau terus memberikan nasehat bagi kami," ujarnya.

Plt Gubernur Sulsel juga mengaku selalu menemui AGH Sanusi Baco, jika ingin meminta nasehat terkait persoalan di Pemerintahan. 

"Terakhir saya mendengarkan (Jum'at 14/5/2021) sebelum maghrib beliau sakit dan setelah salat Maghrib saya berkunjung ke tempat beliau dan sempat bercerita. Beliau masih merespon dengan sangat jelas.  beliau menyampaikan bahwa saya sakit perut dan inilah Allah memberikan tanda-tanda bagi kita, Insya Allah kepergian beliau dengan tanda-tanda yang baik sakit di perut, Insya Allah salah satu tanda syahid disisi-Nya," tuturnya.

Menurutnya, Ada banyak nasehat dan petuah dari AGH Sanusi Baco. 

" Paling saya ingat beliau sampaikan bahwa ketika berjalan maka selalulah meminta inayah-Nya, pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. karena usaha tidak akan mampu menembus, kecuali inayah pertolongan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala," pungkasnya.

Ia menambahkan Salah satu nasehat yang menyejukkan dari Almarhum saat menanggapi kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar beberapa bulan lalu. 

"Beliau selalu berceramah dengan sangat sejuk, santun, dan terang benderang dalam menyampaikan nasehatnya posisi Islam berlepas diri dari mereka yang melakukan aksi teror itu dan bagaimana beliau menjelaskan dengan sangat mudah dipahami bagi kita semuanya. Beliau selalu memberi kesejukan setiap dakwahnya-dakwahnya," tutupnya.

Diketahui, Jemaah memadati Masjid Raya termasuk dihadiri oleh Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla serta para alim ulama dan Kiai.untuk mengsalatkan AGH Sanusi Baco. 

AGH KH Sanusi Baco, LC sendiri meninggal dunia, Sabtu (15/5/2021) malam dan almarhum akan dikebumikan di Kabupaten Maros. Sebelumnya, Andi Sudirman telah melayat di rumah duka AGH Sanusi Baco di jalan Kelapa Tiga, Makassar, Sabtu malam.

Minggu, 16 Mei 2021